Jepang memang terkenal dengan inovasi produk pangannya. Tak tanggung, negara sakura itu kini memproduksi beras ‘sempurna’ yang penuh kandungan gizi dan vitamin.

Namanya Kinmemai Premium, yang merupakan beras terbaik yang diproduksi Toyo Rice Corporation, Jepang.

Karena kandungan gizinya, beras ini pun dibanderol dengan harga 109 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 1,56 juta per kilogram (kg).

Kinmemai Premium dikembangkan dari beberapa jenis padi bermutu tinggi, seperti Koshihikari dari Prefektur Niigata, dan Nikamoru dari Prefektur Kumamoto.

Beras termahal di dunia ini diseleksi dari enam ribu jenis beras yang mengikuti kontes beras tahunan berskala internasional di Jepang. Setiap aspek bulirnya diteliti, sampai tampilannya sebelum dan setelah dimasak.

Bukan cuma beras pilihan, Kinmemai juga mengandung vitamin B1, B6, E, B3, asam folat, dan enam kali lipopolisakarida (LPS) lebih banyak dibanding beras biasa. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

Dari segi rasa, beras ini juga dilaporkan lebih nikmat, bahkan akan ketagihan memakannya.

Dilansir dari Luxury Insider, Kamis (1/3), seorang koki di Jepang, Chef Stephan membuat menu Ochazuke dari nasi Kinmemai Premium. Dia menambahkan keripik bouchot, butter, egg yolk, kaldu kerang, dan salad burnet sebagai pendamping nasi ini.

Produksi beras “sempurna” ini dimulai 2016. Toyo Rice Corporation pada mulanya mengemas beras-beras ini dalam bentuk kemasan 140 gram yang dijual dengan harga 155 dolar AS atau Rp 2,2 juta per kemasan.

Perusahaan ketika meluncurkan beras ini akhir tahun lalu menargetkan pasar utama Singapura. Beras ini juga bisa dipesan secara daring (online) melalui laman resmi perusahaan dan dikirim langsung dari Tokyo.