Olahraga Panahan adalah olahraga yang menggunakan sebuah busur panah dan anak panah. Olahraga ini adalah Olahraga yang mengandalkan konsentrasi, disiplin, mental, dan yang terpenting adalah lebih bisa mengontrol emosi. Olahraga memanah ini semakin popular apalagi dikalangan remaja. Antusias anak remaja sangat melekat dalam olahraga ini, sehingga banyak komunitas-komunitas yang dibentuk bertujuan untuk mengasah diri di Olahraga ini.

Panahan merupakan salah satu cabang olaharga dan pastinya membuat berkeringat. Dengan melakukan olahrga membuat fisik semakin kuat dan bugar. Kebugaran itu penting dan berpengaruh pada kejernihan fikiran dan kecerdasan seseorang. Olahraga Panahan ini punya banyak manfaatnya. Tak sekedar fisik, tapi juga efeknya secara psikis. Olahraga panahan adalah salah satu jenis olahraga yang bertujuannya kompetitif. Olahrga panahan menguji kekuatan otot, ketepatan atau akurasi dan keseimbangan.

Karena itu, sebelum melakukan olahraga penahan biasanya perlu melatih kekuatan, ketepatan, dan keseimbangan. Panahan ini olahraga yang berat, harus latihan otot dan kekuatan. Panahan juga harus mengatur daya tahan dan daya letak untuk kekuatan dan keseimbangan.

Dalam hal Kedokteraan Olahraga Panahan meiliki manfaat Psikologi. Dampa secara langsungya memang tidak ada. Namun olahraga panahan, seseorang dapat bertahan di tengah terik matahari. Melatih ketepatan, dan memiliki kesimbangan. Secara tidak langsung dapat lebih tahan terhadap panas, berkeringat, dan dehidrasi karena dilatih.