Makan Tengah Malam

Makan di tengah malam ternyata berdampak kepada berat badan. Kebiasaan ini banyak diterapkan oleh orang suka begadang. Waktu makan yang seperti ini berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Berbeda ketika makan di paga siang hari. Mengonsumsi makanan pada kalori di siang dapat memberikan tambahan energi, mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun jika makanan kaya kalori dimakan di malam hari, justru bias berakibat sebaliknya. Berikut dampak mengonsumsi makanan di larut malam.

  1. Kualitas Tidur

Jika anda merasa lapar saat tengah malam, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cairan seperti sup atau milkshake untuk mencegah keinginan buang air kecil saat tidur. Hindari pula makanan dan minuman berkafein, seperti cokelat, kopi, minuman berenergi dan makanan energi lainnya karena bias membuat anda sulit tidur dan menyebabkan pusing ringan saat siang hari. Mengkonsumsi minuman Alkohol juga dapat menyebabkan anda dalam insomnia jika anda minum kadar berlebihan.

Pakar kesehatan khusus tidur Dr. Timothy Morgenthaler merekomendasikan camilan sehat seperti oatmeal dan susu rendah lemak dan menghindari makanan berporsi besar serta pedas karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

  1. Berat Badan

Mengkonsumsi makanan di tengah malam bisa meningkatkan berat badan yang naik drastic. Menurut Erica Blackburg dalam wawancara dengan ABC News, kebanyakan orang sering mengkonsumsi kripik dan es krim untuk dikonsumsi di malam hari.