Destinasi wisata di Indonesia tidak terhitung jumlahnya mulai dari wisata kulinernya hingga wisata alamnya, terlepas dari itu semua ada destinasi wisata yang menarik dipinggiran kota Bogor, Jawa Barat.

Bogor masih menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta karena lokasinya dekat dan mudah dijangkau. Selain itu, Bogor juga menawarkan banyak tempat wisata yang patut di kunjungi salah satunya adalah Taman Wisata Mekarsari yang terletak di Jalan Cileungsi – Jonggol KM 3, Bogor.

Taman Wisata Mekarsari adalah taman buah yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto (Alm.) yang mulai dibangun pada tahun 1990 dan resmi dibuka pada tahun 1995. Awalnya, Taman Mekarsari ini berkonsep sebagai tempat untuk konservasi tumbuhan, namun konsep ini kemudian ditambah menjadi areal konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi.

Sebagai kawasan wisata seluas 264 hektar, Taman Wisata Mekarsari memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon, termasuk di antaranya tanaman rempah, tanaman biofarmaka, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung.

Di sini terdapat pula laboratorium untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nenas arnis, jambu air toon klow, serta persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan pedakka, cempeka, dan nangkadak.