Kita sudah memasuki awal Ramadhan 1439 H, dimana seluruh Umat Islam diperintah kan Allah untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke 4 yaitu Melaksanakan Puasa pada Bulan Ramadhan. Di Indonesia sendiri serentak umat islam melaksanakan puasa. Yang dijelaskan Allah dalam Surah Al Baqarah Ayat 183 yaitu :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” .  (QS. Al Baqarah : 183)

Kita diperintahkan oleh Allah untuk menahan lapar dan haus, tidak hanya itu saja kita diwajibkan menahan dari apapun yang membatalkan puasa. Pagi-pagi sekali kita disunnahkan untuk bangun sahur dan makan sahur sampai masuk jadwal imsakiah menandakan waktu sahur akan selesai dan batasnya adalah adzan subuh.

Allah mengatakan sebaik-baiknya bulan yaitu Bulan Ramadhan. Dimana di Bulan Ramadhan lah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Panduan Umat Islam dalam menjalankan syariat Islam hukum-hukum Islam. Sebagaimana Allah menjelaskan dalam Surah Al Baqarah Ayat 185 :

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Qur’an adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yag hak dan yang bathil).” (QS. Al Baqarah : 185)