Sejak sekolah ditingkat dasar (SD), banyak pelajaran yang memberi pengetahuan umum, baik tentang dunia hingga luar angkasa.

Usut punya usut nih guys, ternyata tak semua pelajaran yang di SD ini benar adanya. Melainkan, beberapa yang kabarnya mangandung nilai kebohongan.

Mau tahu apa saja pengetahuan yang dimaksud? Kalau gitu simak saja nih guys rangkuman dari redaksi Lagingetop.com yang diambil dari berbagai sumber berikut ini:

Gravitasi Luar Angkasa

Sejak di sekolah kita diajarkan jika di luar angkasa tidak ada gaya gravitasi. Sebenarnya gaya gravitasi tetap ada di luar angkasa, akan tetapi lebih lemah daripada di bumi. Gaya gravitasi inilah yang menjaga bulan tetap berada dalam orbitnya dan bumi terus mengitari matahari. Jika kamu melihat astronot mengambang di angkasa, mereka sebenarnya bukan terbang melainkan sedang jatuh.

Berlian

Di pelajaran sekolah menjelaskan berlian dibentuk atau dihasilkan dari batu bara yang memadat. Akan tetapi sumber berlian ternyata adalah senyawa karbon yang terperangkap didalam bumi saat bumi terbentuk. Hal ini dibuktikan bahwa usia berlian jauh lebih tua dibandingkan tumbuh-tumbuhan yang mati dan menjadi batu bara.

Thomas Alva Edison

Tokoh ini sangat akrab ditelinga kita maupun dunia atas penemuannya yang terkenal yaitu bola lampu. Namun sebenarnya penemu pertama bola lampu adalah Heinrich Gobel pada tahun 1854. Setelah Gobel meninggal, Edison membeli hak paten dan berimprovisasi karya Gobel menjadi penemuannya.

Christopher Columbus

Seperti yang kita tahu, tokoh ini merupakan penemu benua Amerika dan orang pertama yang membuktikan bahwa bentuk bumi bulat. Kenyataannya sebelum era Columbus sekitar 2000 tahun silam, ahli matematika Yunani kuno lah yang menemukan bentuk bumi bulat. Dan Columbus bukanlah orang pertama yang menemukan benua Amerika, melainkan Laksamana Muslim asal Cina bernama Cheng Ho 70 tahun sebelum pelayaran Columbus.

Abraham Lincoln

Berdasarkan pelajaran sejarah yang kita dapat, Abraham Lincoln merupakan salah satu orang yang menentang keras perbudakan. Tetapi tahukah kamu, pada tahun 1862 Abraham pernah menulis yang bertentangan dengan ideologinya. Dan proklamasi pembebasan budak yang ditandatangani Abraham hanya berlaku di beberapa provinsi tertentu.

Sir Isaac Newton

Newton menemukan gaya gravitasi setelah buah apel jatuh diatas kepalanya. Namun ternyata Newton sudah mengetahui bahwa sesuatu tidak dapat bergerak kecuali dipengaruhi oleh sebuah kekuatan atau daya. Newton sendiri mengatakan jika teori gravitasi ditemukan bukan karena apel ditaruh di kepalanya, namun jauh sebelum itu. Bahkan cerita apel jatuh itu belum terbukti benar adanya.

Van Gogh

Vincen William Van Gogh adalah seorang pelukis pasca-impresionis Belanda yang menjadi salah satu figur terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni rupa Barat. Dan ia pun merupakan seorang seniman yang memotong telinganya sendiri ketika mengalami penyakit mental. Namun beberapa sejarawan mengatakan yang  sebenarnya terjadi karena terlibat perkelahian dengan saudaranya Paul Gauguin. Kebenaran ini terungkap setelah kematian Van Gogh.

Ok guys, gimana nih menurut kalian? Sepakat atau tidak, semua kembali pada penilaian kalian masing-masing yah.