Siapa yang tak kenal Ustad Abdul Somad alias UAS. Dai kondang asal Sumut ini terkenal memiliki banyak penggemar dan telah banyak wara-wiri ke daerah-daerah di Indonesia untuk memberikan tausiah agama.

Tak tanggung, penggemar Ustad Somad berasal dari berbagai kalangan mulai orang tua, kalangan muda, hingga anak-anak.

Terbukti, jika tausiah diadakan di sekolah maka anak-anak juga akan memenuhi tempat acara bahkan rela menunggu dari subuh untuk menyaksikan sang ustad idola memberikan ceramah.

Namun begitu, nama Ustad Somad tidak masuk dalam 200 dai yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Belum tahu alasan pastinya, namun dari 200 dai atau ustad yang direkomendasikan, tidak ada nama Ustad Somad di dalamnya.

Ketika ditanyai tanggapannya terkait rekomendasi Kemenag itu, ia pun menanggapi hal tersebut dengan gayanya yang santai.

“Sebab Kemenag tak ingin mengecewakan masyarakat. Karna saya penuh sampai April 2020,” tulisnya seperti yang diunggah di beberapa akun media sosial.

Di samping itu semua, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai Ustad Abdul Somad yang juga sering dijuluki Ustad Sejuta Umat tersebut.

  1. Pernah Dicap Radikal

Selain banyak penggemar, ternyata Ustad Somad juga punya haters loh.

Meski dikenal pintar dan memiliki gaya ceramah yang santun, ternyata masih ada saja pihak yang ingin menyudutkan popularitas Ustadz Abdul Somad.

Peristiwa ini pernah terjadi di Pulau Dewata, Bali. Dimana sekelompok ormas menolak kehadirannya untuk ceramah karena dinilai materinya menyinggung umat beragama lain.

Tak hanya itu, Ustadz Abdul Somad pun dituntut untuk hormat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Parahnya, kelompok tersebut bahkan telah melaporkan dirinya ke Polda Bali meski belum terbukti secara fakta lapangan.

Selain itu, akun Instagram Ustad Somad juga sempat diblokir tanpa tahu alasan pastinya. Hal ini tentu menimbulkan kekecewaan di kalangan penggemarnya. Mereka ramai-ramai protes di sosial media dan menanyakan pada Instagram mengapa akun Ustad Somad diblokir.

  1. Lulusan Universitas Islam Terkemuka

Luasnya pengetahuan agama dan ilmu yang sering dibwakan oleh Ustadz Abdul Somad, membuat pria satu ini sangat dicintai oleh masyarakat.

Hal ini berkat kegigihannya saat belajar hingga lulus pada saat menempuh pendidikan agama. Diketahui, Ustadz Abdul Somad merupakan lulusan S1 Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir yang bergelar L.c.

Ia kemudian mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikan S2-nya di Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko.

  1. Penulis

Selain aktif sebagai penceramah agama Islam, Ustadz Abdul Somad juga dikenal sebagai penulis buku yang cukup produktif.

Beberapa karyanya seperti 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, 33 Tanya Jawab Seputar Qurban, sangat akrab di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Kejeniusannya dalam menyampaikan ilmu agama yang dikemas dengan sangat apik dan mudah dimengerti, membuat Da’i satu ini populer di Indonesia. Terutama di kalangan anak-anak muda.

  1. Dosen

Tak hanya aktif sebagai penceramah, Ustadz Abdul Somad juga dikenal sebagai dosen di sejumlah Universitas di Indonesia.

Tercatat, ia merupakan pengajar mata kulia Bahasa Arab di UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, Dosen Agama Islam di STAI Al-Azhar Yayasan Makmur Pekanbaru, dan mengampu mata kuliah Tafsir dan Hadist di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska, Riau.

Masyarakat Indonesia harusnya lebih bersyukur dengan banyaknya penceramah muda yang berilmu tinggi.