Menjadi seorang perantauan bukan hal yang gampang, banyak yang dituntut dari kita dalam hal merantau. Bayangkan kita harus berangkat dan meninggalkan daerah kelahiran kita ke daerah lain dengan misi yaitu memperbaiki masa depan. Rendahnya perekonomian yang ada didesa membuat kita susah untuk memperbaiki kehidupan dan memperbaiki perekonomian. Hal itu lah membuat seseorang untuk merantau ke daerah lain. Memiliki prinsip hidup mandiri membuat seseorang ingin merantau ke daerah lainnya.

Prinsip penghematan yang dibawa anak perantaun adalah kunci utama mereka untuk bertahan hidup di negeri orang. Bahkan mereka akan melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak terfikirkan. Hidup merantau dinegeri orang bukan hal yang gampang. Mereka harus pandai-pandai memanfaatkan dengan maksimal semua barang yang mereka punya agar uang yang suda dialokasikan untuk membelinya tidak berakhir sia-sia.

Ada beberapa hal yang sering dilakukan oleh anak perantauan :

  1. Pasta gigi yang sudah terlihat habis sebenarnya masih memiliki harapan.

Pasta gigi adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa digantikan dengan barang lai. Setiap bulan, pasta gigi masuk dalam salah satu dafta belanjan yang kita beli setiap bulannya. Tetapi apa yang terjadi jika pasta gigi habis belum di akhir bulan datang?