Menjadi seorang perantauan bukan hal yang gampang, banyak yang dituntut dari kita dalam hal merantau. Bayangkan kita harus berangkat dan meninggalkan daerah kelahiran kita ke daerah lain dengan misi yaitu memperbaiki masa depan. Rendahnya perekonomian yang ada didesa membuat kita susah untuk memperbaiki kehidupan dan memperbaiki perekonomian. Hal itu lah membuat seseorang untuk merantau ke daerah lain. Memiliki prinsip hidup mandiri membuat seseorang ingin merantau ke daerah lainnya.

Prinsip penghematan yang dibawa anak perantaun adalah kunci utama mereka untuk bertahan hidup di negeri orang. Bahkan mereka akan melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak terfikirkan. Hidup merantau dinegeri orang bukan hal yang gampang. Mereka harus pandai-pandai memanfaatkan dengan maksimal semua barang yang mereka punya agar uang yang suda dialokasikan untuk membelinya tidak berakhir sia-sia.

Ada beberapa hal yang sering dilakukan oleh anak perantauan :

  1. Pasta gigi yang sudah terlihat habis sebenarnya masih memiliki harapan.

Pasta gigi adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa digantikan dengan barang lai. Setiap bulan, pasta gigi masuk dalam salah satu dafta belanjan yang kita beli setiap bulannya. Tetapi apa yang terjadi jika pasta gigi habis belum di akhir bulan datang?

Jika hal ini terjadi, jangan terburu-buru untuk langsung membuang pasta giginya. Bawa seluruh isi pasta gigi ke atas lalu gulung ujung pasta giginya dan jepit dengan penjepit kertas.

  1. Shampo hampir habis, masukan air kedalam shampoo, lalu kocok botolnya dengan air.

Dengan cara penghematna uang bisa dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan barang yang sudah dibeli. Tanpa harus terburu-buru membuang botol shampoo ke tempat sampah, coba isi ulang lagi dengan air. Tidak harus mengisinya sampai penuh, cukup isi 10 ml saja. Lalu kocok dan gunakan untuk membersihkan rambut. Dengan cara seperti kalian dapat menghemat uang bulanan yang dikirim oleh orang tua atau gaji kalian.

  1. Deodoranmu cepat habis? Congkel saja bagian rol nya lalu gunakan dengan cara mengusapnya menggunakan tangan.

Banyaknya kebutuhan hidup menuntutmu harus pandai-pandai menghemat keuangan agar tidak bengkak. Salah satunya adalah kebutuhan hidup penunjang penampilan, misalnya menggunakan deodorant untuk tampil menawan dan menghilangkan bau badan.

Kalian bisa memanfaatkan hal ini dengan cara mencongkel sedikit rolnya, lalu ambil cairan di dalamnya dengan menggunakan jari. Lalu oleskan saja di bagian ketiak. Dijamin, ketiakmu bisa wangi dan tak bau lagi.

  1. Pewangi pakaian bukan hanya sangat berguna untuk rendaman baju, kalian bisa menggunakannya untuk parfum semprot pakaian.

Parfum juga menjadi kebutuhan bagi anak perantauan, barang ini dipakai setiap harinya. Tapi bagaimana jika disaat uang bulanan hampir habis, pasti itu akan membuat kalian mimbang. Tanpa harus membuat kalian tampil bau badan dan kusam, kalian bisa menggunakan pewangi pakaian sebagai parfum.

Cukup cairkan pewangi dengan pakaian pada botol parfum, lalu tambahkan sedikit air. Lalu semprot pada pakaian setiap kali kamu akan pergi berkegiatan. Pewangi pakaian dalam bentuk kemasan jauh lebih murah dan hemat.

  1. Letakkan botol lotion, shampoo, dan sabun cair dalam keadaan terbalik.

Selain parfum tadi, lotion juga menjadi barang “penting” yang masuk list belanja bulanan. Tanpa harus terburu-buru ke supermarket karena kamu fikir lotionmu sudah habis, kamu juga menjungkir balikkan terlebih dulu. Hal ini tidak hanya berlaku buat lotion, karena sabun shampoo, hingga krim wajah.

Posisi terbalik bisa membantu mengeluarkan seluruh isi botol yang masih ada beberapa mili lation yang maish menempel pada bagian dasar. Sehingga semua ini bisa keluar secara tuntas dan taka da lotion yang sia-sia. Jadi, uang belanjamu bisa lebih hemat, karena kamu tak perlu belanja dekat-dekat ini.