Sifat penyabar Adalah salah satu sifat yang sangat istimewa bagi yang memiliki sifat itu. Sifat ini bukan sifat yang mudah untuk dikendalikan dan dicapai. Untuk menjadi seorang yang memiliki sifat sabar untuk segala hal itu tidak mudah, karena sifat memiliki melibatkan kematangan berfikir dan kedewasaan serta kemampuan mengendalikan diri. Agar menjadi seorang yang sabar. Biasanya sikap ini sudah dipupuk sejak masih berusi dini dengan pendidikan karekter anak yang diperoleh dari orang tua. Pengajaran yang paling berharga dari apapun yaitu pengajaran orang tua. Banyak orang tua yang tidak terjun langsung dalam melatih mental, padahal ketika pelatihan mental itu dilakukan orang tua terhadap anaknya mungkin kelak jika anak itu tumbuh dewasa, menjadi orang tua dan menjadi bos di sebuah perusahaan yang mereka punya, sifat sabar itu yang bakal menahan kita dari apapun dan bahkan menjadi suatu andalan yang sangat berguna dalam melatih karakterisktik.

Pada jaman yang penuh keinstanan ini membuat seseoran g susah untuk mengendalikan sifat sabarnya, contohnya dalam menunggu suatu hal, seseorang susah untuk bersabar dalam hal itu dan mengendalikannya. Itu berarti kebanyakan orang jaman sekarang selalu ingin terburu-buru sampai ketujuan dan sulit bersikap sabar. Cara merubah diri menjadi lebih baik salah satunya adalah dengan belajar bersikap sabar.

Di Bulan Ramadhan ini sifat sabar itu lah yang sangat diperlukan, bayangkan jika kita sedang berpuasa lalu kita mengikuti emosi dan rasa tidak sabar kita. Maka kenikmatan yang ada di Bulan Ramadhan, Bulan yang penuh Maghfiroh ini bakal tidak akan kita capai sama sekali. Pada bulan sebelum atau sesudah Bulan Ramadhan mungkin susah untuk mendapatkan rasa sabar itu. Tapi Pada Bulan ini kita dituntut untuk memiliki rasa sabar dalam diri kita.

Bersikap Sabar

Untuk mencapai keberhasilan dalam hal yang menjadi tuuan kita, maka kemampuan bersikap sabar sangat diperlukan. Dengan kesabaran, kita bisa mencapai tujuan dengan tepat dan aman. Supaya bisa menghadapi segala hal dengan kesabaran, maka kita perlu mempelajari beberapa cara untuk bersikap sabar berikut ini :

  1. Cari dulu penyebabnya

Langkah ini adalah langkah awal yang harus kita tempuh dalam memiliki sifat sabar itu. Cari tahu terlebih dahulu penyebabnya, kita akan lebihmudah mengendalikan diri dan tidak memaksanakan diri untuk menjalani kegiatan dengan terburu-buru. Cobalah meneliti pemicu apa yang biasanya membuat kita kehilangan kesabaran.

  1. Belajar dari penyebabnya

Jika sudah mengetahui apa pemicu dari ketidak sabaran kita, maka kita sudah mengenali pola yang tampak setiap kali kehilangan kesabaran dan belajar mengenali tanda-tandanya. Dengan demikian, kita bisa mencegahnya sebelum rasa tidak sabar itu berkembang lebih jauh dan membuat kita semakin emotional.

  1. Belajar bersikap santai dan rileks

Kurangnya kemampuan untuk menenangkan diri dan bersikap rileks adalah satu penyebab timbulnya rasa tidak sabar. Cara bersikap tenang adalah jika kita mamp merasa santai, maka tidak perlu untuk bersikap terburu-buru dan melupakan segala pertimbangan. Tarik napas dalam – dalam dan cobalah gerakan-gerakan senam kecil untuk merilekskkan tubuh. Duduk dengan tenah selama beberapa saat, dengarkan musik atau menggunakna aromaterapi agar tubuh bisa tenang dan melepaskan tekanan.

  1. Fokus pada tujuan

Menetapkan fokus pada tujuan yang ingin dicapai bisa membantu untuk melatih sikap sabar. Fokus ini tidak hanya berlaku pada tujuan yang besar saja, melainkan juga bisa kita terapkan pada tujuan-tujuan yang lebih kecil.

  1. Catat kemajuan yang sudah dicapai

Ketika menginginkan sesuatu hal, tidak semuanya akan langsung bisa kita capai saat itu juga. Ada kalanya memerlukan beberapa tahapan atau langkah untuk mencapai hal tersebut. Biasakan menulis target mana saja atau tahapan mana yang sudah dilalui untuk melatih sikap sabar.

  1. Tumbuhkan fikiran positif

Selalu memiliki fikiran yang positif. Berfikir positif sangat erat hubungan dengan melatih sikap sabar. Kegelisahan kita penyebab salah satunya fikiran negatife. Dengan berfikir positif dalam meningkatkan kesabaran dan harga diri kita.

  1. Persiapkan diri untuk hal tidak terduga

Berbagai kejadian yang diluar perkiraan juga akan menguras kesabaran jika kita tidak berlatih untuk terbiasa bersikap sabar. Kejadian-kejadian tersebut akan menjadi sebuah alas an untuk kita merasa bersuasana hati buruk sepanjang hari yang biasa mempengaruhi berbagai hal yang dikerjakan hari itu. Oleh sebab itu cobalah berlatih kesabaran agar bila ada rencana yang tidak berjalan dengan semestinya, kita akan bisa bersikap santai dan tahu cara mengambil keputusan untuk mengatasinya.

  1. Gunakan waktu untuk beristirahat

Kehidupan yang serba sibuk dan terburu-buru menyebabkan seseorang tidak bis menyisihkan waktu untuk beristirahat. Pola hidup semacam ini sekarang dilakukan oleh hampir semua orang dan tidak hanya terbatas pada kalangan pekerja kantoran saja. Mengambil waktu untuk beristirahat sejenak akan menjadi latihan yang bagus bagi kesabaran kita karena kita belajar menunda keinginan.

  1. Atasi rasa bosan

Perasaan bosa seringkali terjadi, perasaan ini biasa terjadi dikalangan orang yang mudah emosi dan tidak sabaran, Bila sedang bosan atau jenuh akan sesuatu, biasakan kita akan menjadi tidak sabar dan ingin hal tersebut segera berlalu. Cara menghilangkan rasa bosan yaitu selalu belajar bersabar, dengan hal itu kita bersabar tidak akan ada rasa bosan ataupun jenuh.

  1. Sabar bukan berarti menunda

Sabar tidak dijadikan alasan untuk menunda pekerjaan kita. Penundaan suatu pekerjaan yang harus kita lakukan karean rasa malas biasanya tidak akan menghasilkan sesuatu yang positif, sedangkan menunda suatu hal dengan bersabar justru bertujuan untuk mencegah efek negative yang mungkin muncul.

Dengan hal ini memudahkan kita untuk melatih kesabaran kita, tidak hanya itu,ketika kita sudah berhasil melatih kesabaran kita, kita juga akan berhasil melatih rasa emosional dan pola fikir kita. Pola fikir yang berubah dengan baik menambah kedewasaan kita dan dapat membuat kita menemukan jalan keluar dengan cara yang mudah.