Konsumsi makanan bergizi selama hamil sangat dianjurkan demi kehamilan yang sehat. Buah semangka adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan gizinya. Beragam nutrisi dalam buah semangka dapat mendukung tumbuh kembang janin.

Buah semangka berbentuk bulat, memiliki daging berwarna merah, dan tekstur berair. Rasanya yang manis dan kandungan air yang banyak memang menyegarkan untuk disantap. Beragam nutrisi yang terkandung pada buah semangka memberikan efek baik bagi tubuh, di antaranya meredakan nyeri otot, meningkatkan insulin, dan menurunkan tekanan darah.

Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Komposisi buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 7,5 persen karbohidrat. Buah semangka hampir tidak mengandung lemak dan protein, serta hanya sedikit mengandung kalori. Kandungan airnya yang tinggi sangat baik untuk tubuh, karena dapat membantu ibu hamil terhidrasi dengan baik. Apalagi ibu hamil memang membutuhkan lebih banyak air dari orang biasa.

Air memainkan peran penting dalam perkembangan janin, yakni membantu pembentukan plasenta dan kantung ketuban, serta menjadi salah satu bahan pembentuk cairan ketuban. Dehidrasi pada ibu hamil bisa mengakibatkan komplikasi serius bagi ibu dan janin.

 

Nutrisi dan manfaat lainnya dari buah semangka yang baik untuk ibu hamil adalah sebagai berikut: