Mungkin Anda telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati sejak jauh-jauh hari, tapi tetap saja Anda memerlukan penyesuaian besar karena peran baru Anda kini adalah sebagai orang tua.

Beberapa Hal Terkait Bayi Baru Lahir

Beberapa hal di bawah ini wajib diperhatikan saat merawat bayi baru lahir:

  • Jaga kebersihan dan keamanan bayi

Jagalah kebersihan tangan saat hendak memegang atau menggendong bayi yang baru lahir. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh Si Kecil agar dia terhindar dari serangan kuman dan virus. Berhati-hatilah saat menggendong bayi yang baru lahir, terutama cara Anda memegang bagian kepala dan leher bayi. Jangan pernah menguncang-guncang bayi saat membangunkan atau menenangkannya, karena dapat menyebabkan pendarahan di otak. Batasi juga cara kita bermain bersama bayi. Jangan lakukan lempar tangkap atau menggoyang-goyangkan bayi di lutut Anda, karena hal itu berbahaya.

  • Memandikan bayi

Jangan mandikan Si Kecil sebelum tali pusat copot dan area pusar mengering. Cukup seka dengan waslap. Setelah tali pusat copot, mandikan bayi dengan sampo dan sabun yang didesain khusus untuk kondisi kulitnya. Benda-benda pendukung lain yang wajib dimiliki untuk memandikan bayi baru lahir adalah handuk lembut dan bak mandi bayi. Jika khawatir produk yang digunakan bisa menimbulkan iritasi, bicarakanlah dengan dokter.

  • Mengganti popok