Hari kemanangan aka segera tiba. Menang artinya kita telah berhasil menahan diri selama satu bulan penuh. Setelah menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 30 hari. Hari ketika semua umat islam kembali suci setelah dosa-dosanya dihapuskan selama berpuasa di bulan Ramadhan. Hari kemenangan ini dikenal dengan Hari Raya Idul Fitri. Kembali nya Fitrah umat islam seperti semula, maka terhapuslah dosa-dosa yang telah lalu. Di Indonesia sendiri memiliki tradisi dalam Idul Fitri yaitu saling bermaaf-maaf baik kepada orang tua, kakak, adik, saudara. Idul Fitri tak lengkap jika lau tidak dihadiri semua keluarga, keseruan saat berkumpulnya semua keluarga, bahkan ada juga keluarga yang sama sekali susah untuk ditemui tetapi dihadirkan khusus dibulan penuh dengan kemenangan ini berkumpul dan dipertemukan.

Hari Raya Idul Fitri seringkali diisi dengan kebiasaan belanja, makan besar keluarga, serta liburan bersama dengan keluarga. Dibalik keseruan lebaran tersebut ada kebiasaan khas yang banyak orang lakukan di momen lebaran. Ada 6 kegiatan khas orang yang sering dilakukan pada saat datangya lebaran.

  1. Shalat Ied Di Mesjid Bersama Keluarga

Kegiatan yang sudah pasti dilakukan umat islam setiap datangnya Idul Fitri. Shalat Idul Fitri sering disebut kegiatan yang mengawali hari nan Fitri. Ada alat yang sering dibawa pada saat Shalat Idul Fitri seperti alat shalat, Koran bekas untuk alas, plastik pembungkus alas kaki, dan tak lupa uang untuk sedekah.

  1. Berbaris Mohon Maaf dan Saling Memaafkan Di Rumah Keluarga Yang Dituakan.

Kebiasaan ini dilakukan hampir di semua wilayah di Indonesia. Mulai dari anggota keluarga yang termuda dengan yang paling tua dan dihormati. Tidak hanya itu setelah bermaaf-maaf dengan keluarga inti, tak lupa juga mengunjungi rumah-rumah tetangga untuk saling bermaaf-maafan terutama tetangga yang paling dekat. Kegiatan ini menambah rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar tetangga.

  1. Mencicipi lezatnya ketupat dan rendan daging disetiap rumah yang dikunjungi

Makanan yang satu ini sering hadir dimomen-momen lebaran wajib dihadiri setiap rumah. Tapi tak kalah penting untuk membatasi konsumsi santa jika ingin tubuh anda terjaga di hari yang fitri.

  1. Pembagian uang THR kepada anak-anak kecil

Kegiatan yang satu ini adalaah kegiatan yang paling disenangi bagi anak-anak. Kegembiraan anak-anak dalam pembagian uang THR ini menambah kenimkatan lebaran itu tadi. Pemberian THR biasan diberikan suadara yang lebih tua.

Kenikmatan datang lebaran dengan adanya 4 point kebiasaan yang ada pada masyarakat Indonesia. Apalagi anak-anak yang sudah berpuasa selama sebulan penuh, datangnya hari Idul Fitri membuat mereka bersemangat lagi. Tapi ingat ya berpuasa adalah kewajiban bagi umat islam, jadi adik-adik lakukan dengan niat karena Allah ya jangan karena selain Allah.