Sebagus apapun sebuah film, kalau terlalu berlebihan menyinggung dan menyimpang kaidah sebuah Negara, maka sudah dipastikan film-film tersebut akan dilarang tayang di Negara tersebut, termasuk juga di Indonesia

Indonesia adalah salah satu Negara yang sangat ketat dalam menyaring film-film yang boleh tayang di bioskop. Bukan hanya film luar, film local pun pernah menjadi “korban” sehingga film tersebut tidak boleh tayang dibioskop-bioskop Indonesia.

Ada beberapa alasan, kenapa sampai beberapa film ini tidak diperbolehkan tayang di Indonesia, mulai dari adanya unsur kekerasan yang dianggap berlebihan, hingga adanya unsur SARA yang bisa menyinggung ras, agama, dan golongan tertentu. Lantas, film apa saja yang pernah dilarang tayang di Indonesia? Berikut ulasannya

Fifty Shades of Grey (2015)

Film “Fifty Shades of Grey” adalah salah satu film yang dilarang tayang di Indonesia, karena dalam film tersebut banyak sekali terdapat adegan seksual yang sangat vulgar dan terkesan begitu sadis.

Film yang disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson ini diadaptasi dari novel dengan judul sama karya E.L James. Ketika diumumkan, kalau novel ini akan dibuatkan film layar lebar, sudah banyak yang penasaran seperti apa jadinya.

Dan kini, ada beberapa Negara yang juga melarang film ini tayang di bioskop selain Indonesia, salah satunya adalah Negara tetangga kita Malaysia dengan alasan yang sama yaitu terlalu vulgar dan banyak adegan seksual yang terkesan sadis.

Noah (2014)