Bulan puasa sudah memasuki hari kedua puluh. Makin mendekati lebaran pasti sudah terbayang bagaimana rasanya bisa berkumpul bareng keluarga besar dan makan enak. Apalagi buat kalian anak rantau tentu ini menjadi hal yang sangat menyenangkan, tapi itu bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan ketika ditanya “Kapan Nikah?” oleh orangtua dan saudara. Apalagi jika kamu masih jomblo. Duh, rasanya pengen marah saat ditanya soal ini!

Eits tapi ga boleh marah, masa di momen fitri seperti itu kamu marah. Pertanyaan kapan menikah memang seringkali dilontarkan pada momen Hari Raya Idul Fitri saat berkumpul bersama keluarga. Sebab saat kamu mencapai usia layak nikah, pertanyaan tentang masa depanmu bukan cuma jadi ranah hati dan pikiranmu. Tapi, juga menjadi kepentingan orang-orang terdekatmu. Buat mereka, kamu yang sudah lulus kuliah, kerja sudah lumayan mapan, “Apa lagi coba yang ditunggu?” Belum lagi, orangtua mana yang nggak pengen cepat-cepat menggendong cucu.

Untuk itu, biar kamu tetap santai dengan pertanyaan-pertanyaan itu, coba deh menjawab dengan jawaban yang disediakan oleh lagingetop.com di bawah ini:

  1. Masih Mau Kuliah (Lagi)

Jika kamu mendapatkan pertanyaan kapan nikah, kamu bisa menjawab “Aku masih mau lanjut studi lagi”. Dengan begitu orang yang bertanya kepadamu tak akan melanjutkan pertanyaan lagi.

  1. Masih Mau Mengejar Karier

Orang yang mendengar jawaban ini akan menyangka kamu penuh totalitas dengan pekerjaan. Selain itu kamu juga akan tampak menjadi jomblo yang berkualitas.

  1. Nunggu Ada Nikah Masal

Udah nggak kehitung pertanyaan “Kapan Nikah” keluar masuk kuping dan menusuk-nusuk kalbu, apalagi kalau keponakan yang usianya di bawah kamu sudah menikah juga. Nah daripada bete sendiri mending dibawa santai saja dengan jawaban semacam ini “Iya, aku lagi nunggu nikah masal biar dana nikahnya gratis” sambil diiringi tawa.

  1. Berikan Senyuman Termanis

Biasanya pertanyaan “Kapan Nikah” ini ditanyakan oleh orang yang lebih tua atau orang-orang yang sudah menikah. Untuk itu jika kamu sedang malas untuk menanggapi pertanyaan ini, kamu tidak perlu memaksa diri untuk menjawabnya. Cukup berikan senyuman manismu saja. Karena dengan tersenyum akan bisa meredakan rasa bete dan membuat hatimu bisa lebih tenang. Biarkanlah mereka berkata apa, toh kamu yang menjalani hidup. Tentunya kamu memiliki hak untuk menentukan arah hidupmu.

  1. Doakan Saja Ya

Ini adalah jawaban yang paling aman dan seringkali juga dijadikan jawaban ketika ditanya “Kapan nikah:. Jawaban ini sederhana namun bermanfaat ganda. Karena semakin banyak yang mendoakan tentunya akan lebih baik. Siapa tahu kamu akan segera dipertemukan dengan jodoh idamanmu.