Film yang bergenre Sci-Fi atau fiksi ilmiah biasanya membwa teknologi mutakhir pada setiap adengan. Setiap teknologi selalu dibawah mulai dari teknologi komunikasi, transportasi, hingga peralatan sehari-hari yang dibuat secanggih mungkin.

Alat-alat canggih itu mulai banyak yang terealisasikan karena seiring perkembangan zaman. Teknologi komunikasi saja sudah semakin memanjakan para penggunanya dengan berbagai fitur canggih.
Namun ternyata bukan hanya teknologi komunikasi saja yang menggunakan teknologi tinggi. Kini beberapa restoran di berbagai belahan dunia juga sudah tersentuh dengan kecanggihan teknologi masa kini yang tentunya akan memberikan pengalaman berbeda dari biasanya.

Berikut 5 restoran berteknolog tinggi seperti di film Sci-Fi :

1. ‘s Baggers, Jerman.  

Ketika kamu memasuki restoran yang satu ini, mungkin kamu akan sedikit dibuat bingung karena interiornya yang lebih mirip seperti wahana roller coaster pada taman bermain.

Ya, restoran yang berada di Jerman ini tidak seperti restoran lainnya yang menggunakan pelayan untuk mengantar pesanan makanan. Melainkan menggunakan rel roller coaster yang memenuhi ruangan restoran.

Cara memesannya pun unik, kamu dapat memilih menu makanan dan minuman yang kamu inginkan melalui monitor LCD layar sentuh. Setelah memesan kamu hanya cukup menunggu sampai makanan kamu datang. Canggih bukan?

2. Ultraviolet, Shanghai.

Restoran ini benar-benar menawarkan sensasi menyantap makanan yang sangat berbeda dari restoran pada umumnya. Bagaimana tidak? Kamu akan menikmati lezatnya makanan dari chef berpengalaman di dalam sebuah ruangan yang begitu unik.

Paul Pairet, pemilik restoran ini menambahkan teknologi multi-sensor canggih yang membuat pengunjung dapat menikmati permainan cahaya atau video yang dipantulkan ke dinding dan meja sambil diiringi lantunan musik yang berubah sesuai dengan menu yang tengah disantap.

Selain itu, berbeda dengan restoran lainnya yang berada di dalam gedung, restoran ini berada di dalam bus dengan kapasitas hingga 10 orang.

3. Bell Book & Candle, New York City.

Kali ini restoran yang berada di New York ini menyuguhkan tempat makan dengan teknologi taman atap aeronopik. Aeronopik sendiri merupakan cara bercocok tanam di udara.

Di mana tanaman yang berada di atas rooftop ini diproses agar tidak membutuhkan tanah dan juga pestisida yang membuatnya lebih ringan sehingga mencegah atap untuk runtuh.

Hasil dari produksi tanaman-tanaman yang ditanam pun kemudian dijadikan sebagai bahan-bahan masakan segar dan organik untuk menu restoran Bell Book & Candle. Keren banget nggak sih?

4. Inamo, London.

Jika restoran Ultraviolet di Shanghai mempunyai tempat makan yang unik dan canggih, hal yang serupa pun dapat kamu temukan di restoran bernama Inamo. Namun bedanya, restoran yang berlokasi di London ini memberikan pengalaman makan malam yang unik.

Di mana pengunjung dapat memesan langsung makanan dan minuman di atas meja interaktifnya tanpa perlu membuka buku menu. Selain itu, pengunjung juga dapat menentukan mood saat menyantap hidangan serta memesan taksi untuk pulang yang semuanya dapat langsung diakses di atas meja makan canggih.

5. Alinea, Chicago.

Berbeda dengan keempat restoran sebelumnya yang menawarkan kecanggihan lewat interior restorannya. Restoran Alinea yang berada di Chicago ini justru menyuguhkan kecanggihannya lewat makanan yang mereka tawarkan.

Salah satu menu yang menunjukkan penggunaan teknologi dan inovasi dari Alinea adalah hidangan berbentuk balon dengan rasa apel yang diisi helium. Bahkan restoran ini sudah mendapat gelar Elite Traveller’s Best Restaurant selama tiga tahun berturut-turut.