Negara Vietnam adalah satu satu Negara yang sama seperti Indonesia berada di Benua Asia tepatnya di Asia Tenggara. Vietnam juga termasuk dalam ASEAN yaitu sebuah organisasi geo politik dan ekonomi yang didirikan oleh Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara.

Sama-sama terletak di Asia Tenggara, ternyata Indonesia juga memiliki kemiripan dengan negara yang dijuluki Vietnam Rose ini. Mulai dari kegiatan sehari-hari penduduknya hingga kulinernya.

Berikut adalah kemiripan antara Negara Indonesia dan Negara Vietnam, sima kemiripan dua Negara ini.

1. Sama seperti sate lilit, sekilas kedua makanan ini terlihat mirip. Yang membedakan adalah isinya, jika di Vietnam berisi daging Babi, di Indonesia lumpia ini biasa berisi sayuran seperti tauge, wortel atau rebung.

2. Vietnam juga punya sate lilit seperti di Bali lho! Bedanya, kalau Bali pakai daging ikan, tapi kalau di Vietnam pakai daging babi.

3. Kayaknya dari dua gambar ini yang membedakan hanya bangku Warung pinggir jalan di Indonesia lebih tinggi daripada di Vietnam. Udah pernah kesana belum?

4. Barang-barang yang dijual dipasar juga kebanyakan hampir sama lho jenisnya. Para pedagang pasar di Vietnam juga menggelar dagangannya sama seperti pasar di Indonesia.

5. Ini adalah potret petani di Indonesai dan Vietnam. Nggak cuma pria saja yang bekerja di sawah, para wanita juga ikut turun tangan seperti pada gambar dibawah.

6. Bukan cuma sawahnya aja, tapi cara membajak sawahnya pun sama!

7. Ternyata nggak cuma Indonesia aja yang punya sistem persawahan tersering kaya gini, karena di Vietnam Utara juga ada sawah yang bentuknya mirip dengan yang ada di Bali.

8. Akrab banget kan dengan kendaraan ini? Jika Indonesia punya becak, Vietnam juga nggak mau kalah nih, nama kendaraannya adalah Xich Lo.

9. Di Vietnam kendaraan motor roda dua juga masih menjadi transportasi yang dibutihkan. Bahkan untuk mengangkut barang-barang yang nggak semestinya. Sama seperti Indonesia kan?

10. Sama seperti Jakarta, ibukota Vietnam, Hanoi juga sangat ramai dan padat. Lalu lalang kendaraan selalu memenuhi jalan dan menciptakan kemacetan.