Lagitop Pada 31 Januari 2018 suatu fenomena alam yang luar biasa diangkasa terjadi. Super Blue Moon yang sering disebut gerhana bulan total yang sangat memukau dan menjadi tontonan spesial bagi para penghuni bumi.

Fenomena gerhana bulan total sangat menarik bagi banyak pihak, tetapi tak heran banyak orang-orang yang masih punya kepercayaan terhadap peristiwa alam ini. 5 mitos gerhana bulan total yang masih dipercayai banyak orang hingga sekarang ini.

1. Ketika gerhana, banyak yang percaya bulan dimakan raksasa atau makhluk magis lainnya

Tak hanya Indonesia, di berbagai negara lain pun banyak kebudayaan yang percaya bahwa bulan sedang dimakan raksasa atau makhluk magis lainnya saat gerhana.

Kalau di Indonesia kita percaya ada Batara Kala, raksasa jahat yang kepalanya gentayangan memakan matahari atau bulan sehingga menyebabkan gerhana. Sementara di Tiongkok, naga sakti yang dipercayai bertanggung jawab atas gerhana.

Beberapa kebudayaan lain juga percaya pada makhluk-makhluk magis seperti jaguar atau serigala gaib yang melahap bulan saat gerhana.

2. Konon katanya ada racun yang tersebar ketika gerhana bulan

Kepercayaan ini masih hidup di sejumlah daerah di Asia. Katanya makanan yang dimasak saat gerhana bulan beracun, terutama bagi sejumlah masyarakat di India.