Dalam membentuk sebuah film tentang monster. pasti ada yang berkarakter pria macho, wanita cantik dan cerdas, ilmuwan, dokter, tokoh konyol, anak-anak, orang yang kaya dan serakah, dan pastinya, monster atau makhluk aneh yang dahsyat.

Dalam pembentukan disebuah film seperti ini, sangat membutuhkan Formula yang pas dan lengkap. Formula inilah yang ada di film The Mag. Karakter-karakter yang ada di film ini rasanya pas dengan formula itu. Ada Jason Statham yang menjadi karakter pria jagoan yang mengorbankan apa pun demi keselamatan orang lain, ada Li Bingbing yang berkarakter sebagai wanita cantik nan cerdas, ilmuwan yang diwakili oleh Ruby Rose, Winston Chao dan Cliff Curtis, tokoh konyol oleh Page Kennedy, tokoh anak-anak ada Shuya Sophia Cai dan tokoh orang super kaya nan serakah oleh Rainn Wilson. Tak ketinggalan, monster besar berupa hiu purba yang disebut megalodon sepanjang tak kurang dari 27 meter.

Di The Meg, Jason Statham berperan sebagai Jonas Taylor, seorang penyelam berpengalaman yang memiliki catatan kelam karena membiarkan krunya mati di dasar laut. Lima tahun kemudian, Minway Zhang (Winston Chao) dan mantan rekan sekerja Jonas, Mac (Cliff Curtis), dari Zhang Oceanic yang memiliki fasilitas riset bawah laut Mana One, meminta Jonas agar membantu mereka setelah sebuah kapal selam yang membawa tiga kru mereka, termasuk Lori, mantan istri Jonas, diserang makhluk tak dikenal setelah menembus lapisan udara tipis di palung sedalam 11.000 meter. Jonas yang awalnya enggan melakukan misi itu akhirnya menerimanya. Dia pun dibawa ke Zhang Oceanic.