Lagingetop – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Presiden 2019-2024 ke Komisi Pemilihan Umum. Namun, Prabowo Sendiri bukan kali ini mencalonkan sebagai orang nomor satu di Indonesia. Upaya Mantan Komandan Jenderal Kopassus ini mendudui kursi RI 1 sebanyak empat kali.

Prabowo memuli upayanya dimulai sejak 14 tahun lalu, yaitu Pemilu Presiden 2004. Saat itu, Prabowo berupaya maju melalui Partai Golkar dalam pemilhan Presiden pertama dalam sejarah Indonesia. Saat itu upanya gagal, Prabowo pun tak menyerah begitu saja. Kali ini, putra dari ekonom Soemitro Djojohadikoesoemo ini mendirikan partainya sendiri yaitu Partai Gerindra, yang digunakannya untuk maju dalam kontestasi Pilpres.

Seperti apa perjalanannya? Simak catatan perjalanan pencalonan Pilpres Prabowo.

2004

Prabowo maju dalam konvensi calon presiden Partai Golkar. Tetapi, aa kalah. Konvensi dimenangkan Wiranto yang kemudian menjadi calon presiden dari Partai Golkar berpasangan dengan Salahuddin Wahid.

Pada akhirnya, pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla yang keluar sebagai pemenang.

2009

Prabowo kembali unjuk gigi. Kali ini ia punya kendaraan sendiri, Partai Gerindra. Semula Prabowo berniat melenggang bersama Ketua Umum PAN kala itu Soetrisno Bachir yang digandengnya menjadi Calon Wakil Presiden.