Gempa kembali terjadi dengan kekuatan 5,4 skala Richter (SR) mengguncang Denpasar, Bali. Gempa ini sama selaki tak berpotensi Tsunami. BMKG menggambarkan gempa yang terjadi pada hari ini (23/8/2018) Pukul 05.48 WIB. Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 km.

Menurut BMKG, Lokasi gempa terjadi di 9.48 Lintang Selatan dan 114.75 Bujur Timur atau 103 km Barat Daya Denpasar, Bali. Belum diketahui sampai sekarang jumlah korban maupun kerusakan yang ditimbulkan.

engan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut Taufik, gempa bumi berkedalaman dangkal itu terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempang Eurasia. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik,” katanya.

Berdasarkan laporan masyarakat, kata Taufik, gempa tersebut dirasakan oleh masyarakat di Kuta, Jimbaran, Denpasar, Gianyar hingga Mataram Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Gumuk Mas Jember.